Friday, June 21, 2019

Perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan




Perilalku menyimpang diartikan sebagai tingkah laku,perbuatan,atau tanggapan seseorang terhadap lingkungan yang bertentangan dengan norma-norma dan hukum yang ada dalam masyarakat. Dalam kehidupan masyarakat,semua tindakan manusia dibatasi oleh aturan atau norma untuk berbuat dan berperilaku sesuai dengan sesuatu yang dianggap baik oleh masyarakat.Namun  dalam masyarakat sering kita jumpai tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku pada masyarakat. Misalnya anak remaja sekarang banyak yang mengkonsumsi miras. Hal tersebut termasuk dalam perilaku menyimpang karena tergolong dalam kenakalan remaja.

Minuman keras adalah minuman yang memabukkan dan dapat membahayakan kaum remaja dan harus dijauhi oleh remaja-remaja karena bisa merusak masa depannya. Remaja sekarang berpendepat bahwa jika mengkonsumsi miras ketika sedang galau atau  ada masalah maka bisa menenangkan pikirannya walaupun hanya sementara. Padahal para remaja sekarang sudah mengetahui dampak negative dari miras tersebut.
Di masa ini para remaja sulit membedakan mana hal yang boleh dilakukan dan mana hal yang tidak boleh dilakukan. Karena bagi remaja semua yang dilakukannya dianggap benar. Faktanya dapat dilihat dari lingkungan kita sendiri  bahwa banyak kenakalan remaja yang melebihi batas yang sewajrnya. Banyak anak dibawah umur yang mengenal rokok,narkoba dan miras.  Hal seperti ini sudah selayaknya diberantas karena dampak  negative yang dapat ditimbulkan, dan dalam ajaran agama islam sendiri meminum minuman keras adalah perbuatan yang dilarang.
Menurut saya jika ingin menhindari minuman keras atau sejenisnya, cara tersehat adalah menjauhinya dan melakukakan hal-hal positif untuk menghibur diri ketika pikiran sedang tidak karu-karuan. Mencegah lebih baik sebelum menyesal di hari tua esok.



0 comments:

Post a Comment